Pengertian Marketing Intelligence

Pengertian Marketing Intelligence, Manfaat, dan Tahapannya

Ketika seseorang ingin menerapkan metode bisnis untuk terus beradaptasi dengan perubahan, ada baiknya memahami terlebih dahulu pengertian marketing intelligence. Hal ini dilakukan agar nantinya lebih mudah bersaing dengan kompetitor. Selain itu, mereka juga lebih memahami bidang tersebut.

Pengertian Marketing Intelligence

Marketing intelligence adalah strategi untuk mengumpulkan informasi yang relevan setiap hari dari sebuah perusahaan. Seperti pengumpulan data dan analisis pasar berdasarkan kondisi dan informasi yang diperlukan. Marketing intelligence adalah bagian penting dari dunia pemasaran.

Anda harus tahu bahwa marketing intelligence merupakan data eksternal yang dikumpulkan perusahaan di pasar tertentu ketika mereka ingin memasuki pasar itu. Tentunya informasi ini sangat berguna untuk pengambilan keputusan bisnis berdasarkan kondisi pasar.

Informasi yang diperoleh selanjutnya akan diproses dengan benar. Tujuannya adalah untuk memudahkan identifikasi target pasar, langkah-langkah, pengembangan pasar dan strategi. Hal ini sangat penting jika Anda ingin melakukan bisnis di pasar luar negeri.

Kemudian diberikan kepada departemen yang membutuhkannya. Hingga saat ini, marketing intelligence telah menggunakan perangkat lunak terbaik sebagai layanan berbasis cloud.

Hal ini berarti lebih mudah untuk meminimalkan kerugian dalam bisnis. Selain itu, bisnis juga dapat tumbuh dengan cepat seperti yang diharapkan. Anda dapat mengumpulkan pemasaran dari banyak sumber. Seperti media sosial, hasil survei, penjualan, dll.

Kemampuan Dalam Marketing Intelligence

Marketing intelligence disebut sebagai kercedasan pemasaran yang memiliki kemampuan menganalisis dan mengumpulkan data. Ada 4 kecerdasan atau kemampuan yang sangat penting, yaitu:

Memahami Produk

Sistem yang mampu mengumpulkan dan menganalisis informasi secara otomatis. Adanya bantuan kecerdasan ini memungkinkan manusia menghemat tenaga dan waktu.

Memahami Pelanggan

Metode yang diterapkan untuk memahami konsumen atau pelanggan. Dari apa yang pelanggan harapkan dari produk dan layanan dan bagaimana pelanggan menggunakannya.

Riset Pasar

Proses memahami dan membangun hubungan baik dengan pelanggan. Adanya kecerdasan ini memungkinkan perusahaan untuk mengetahui di mana ada celah pada produk yang dapat diperbaiki. Kalau ada manfaatnya bisa ditingkatkan.

Pemahaman Pesaing

Proses langkah demi langkah yang dirancang untuk memfasilitasi pengumpulan data pesaing. Tujuannya adalah untuk mengetahui kualitas produk atau jasa yang dikembangkan oleh para pesaing.

Manfaat Menerapkan Marketing Intelligence

Pahami bahwa marketing intelligence memang memiliki banyak manfaat, terutama untuk pertumbuhan bisnis. Misalnya membantu mengetahui kondisi pasar saat ini, mengurangi resiko pemalsuan atau perusakan produk/jasa perusahaan.

Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa pesaing baru dengan lebih cepat. Menggunakan pemasaran ini untuk membuat keputusan yang tepat memudahkan pemilik bisnis untuk menjalankan promosi. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari penerapan marketing intelligence:

  • Marketing intelligence berguna untuk mengetahui kondisi pasar saat ini.
  • Mendeteksi lebih cepat jika pesaing baru muncul.
  • Mengurangi risiko pemalsuan atau perusakan produk dan jasa Anda.
  • Memudahkan pengambilan keputusan promosi yang baik.
  • Memudahkan terciptanya inovasi produk dan jasa.
  • Mengembangkan strategi pemasaran yang cocok dan tepat sesuai dengan situasi.
  • Dapat menciptakan cara kreatif dalam mendistribusikan produk.
  • Memudahkan penetapan harga berdasarkan kondisi pasar dan pelanggan.

Beberapa Tahapan Marketing Intelligence

Sebelum menerapkan pemasaran cerdas, Anda harus memahami beberapa langkah kunci terlebih dahulu. Dengan cara inilah nantinya dia akan menerapkan strategi pemasaran ini secara lebih efektif dalam sebuah bisnis. Berikut beberapa langkah lengkapnya:

Perencanaan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat perencanaan. Karena itu, cobalah untuk tidak terburu-buru mengumpulkan data marketing intelligence. Pasalnya, ada beberapa hal yang perlu direncanakan.

Dalam hal ini, cobalah mencari tahu informasi apa yang perlu dan penting untuk dicari. Cara ini nantinya akan lebih maksimal untuk mendapatkan data sesuai dengan kebutuhan sebelumnya. Implementasi pemasaran juga jauh l