Alasan Harus Optimasi WordPress

Alasan Harus Optimasi WordPress Saat Mengelola Website

Ketika Anda memiliki website, tentu sudah tidak asing dengan istilah website. Yakni salah satu platform penyedia blog secara gratis yang bisa digunakan oleh setiap orang. Apabila ingin mengelolanya, maka pastikan mengetahui dahulu beberapa alasan harus optimasi WordPress.

Apa Itu WordPress?

WordPress merupakan CMS (Content Management System) yang dibuat oleh Mike Little dan Matt Mullenweg tepatnya pada tahun 2004. Keberadaannya sendiri dapat dimanfaatkan untuk membuat sekaligus mengelola sebuah website tanpa perlu repot memakai koding.

Dengan begitu, apabila Anda menggunakannya maka dapat membantu menata tampilan, membuat konten dengan mudah, hingga menambahkan fitur sesuai keinginan. Penggunaannya sendiri dapat dilakukan secara gratis karena sifatnya yang open-source.

Hanya saja, ada banyak keterbatasan dari layanan yang diberikan. Baik itu fitur hingga resource. Oleh sebab itu, agar Anda bisa memanfaatkannya secara optimal maka tidak ada salahnya menggunakan pendamping. Baik itu hosting maupun domain.

Alasan Harus Optimasi WordPress

Perlu Anda pahami, bahwa ada banyak alasan mengapa harus mengoptimasi sebuah website dengan menggunakan WordPress. Hal ini tentu tidak lain karena adanya banyak kelebihan yang bisa diperoleh bagi setiap penggunanya. Agar lebih jelas, di bawah ini diantaranya:

Kemudahan Integrasi

Tahukah Anda, bahwa lebih dari 30% pengguna website yang ada di dunia ini menggunakan WordPress. Oleh sebab itu, tentu sangat direkomendasikan juga untuk memanfaatkannya. Lantas, apa saja alasan para pengguna tersebut lebih memilih WordPress sebagai mesin dari website mereka?

Salah satu alasannya adalah kemudahan integrasi yang ditawarkan. Platform website ini sendiri sudah dipadukan dengan ribuan plugins dan themes. Tidak heran jika ada banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Termasuk bagi mereka yang masih pemula.

Software Gratis

Alasan lain mengapa ada banyak orang menggunakan WordPress adalah termasuk sebagai software gratis. Perlu dipahami dahulu bahwa WordPress memang merupakan salah satu jenis software atau platform CMS yang bisa digunakan tanpa memerlukan biaya.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkannya sesuai kebutuhan masing-masing dengan tujuan untuk mengoptimasi website. Tentu saja akan mendapatkan juga beberapa fitur penting. Jangan lupa juga menambahkan penggunaan domain dan hosting agar lebih maksimal.

Pengelolaan Cukup Mudah

Ketika seseorang menggunakan WordPress, maka tentu mereka akan mendapatkan kemudahaan dalam mengelolanya. Pasalnya, seluruh fitur dapat dilakukan dalam satu dashboard website saja. Mulai dari update themes, plugin, update versi WordPress, pengaturan posting, hingga tampilan website.

Belum lagi apabila Anda memutuskan untuk melibatkan tim pengelola website. Dengan begitu, peran tersebut dapat berfungsi dengan lebih optimal. Hanya saja, sangat penting untuk menjaga keamanan sekaligus privasi dari website yang dimiliki tersebut.

Platform yang Aman

Perlu Anda pahami juga bahwa kondisi keamanan dari WordPress terbilang relatif baik. Pasalnya, kualitas platform tersebut memang menjadi prioritas utama bagi pihak pengembang. Tetapi, internet sendiri memang tidak bisa terlepas dari orang-orang tidak bertanggung jawab.

Anda juga mungkin pernah mendengar website seseorang terkena hack. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyertakan sistem keamanan tambahan pada website tersebut. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam meminimalisir hal-hal yang merugikan nantinya.

SEO Friendly

Platform WordPress juga menggunakan SEO yang friendly. Hal ini berarti keberadaannya sudah disusun sedemikian rupa sehingga mesin pengaturan Google bisa menyukainya. Terlebih apabila Anda menulis artikel atau konten lain tentu bisa jadi peluang besar untuk menembus halaman di Google.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan optimasi SEO website lebih jauh. Contohnya saja dari sisi plugin WordPress ataupun themes. Tidak ada salahnya memanfaatkan plugin SEO yang sudah terdaftar pada platform tersebut sehingga konten bisa masuk ke halaman Google.

Fleksibilitas Cukup Tinggi

Anda juga bisa memilih WordPress karena tingkat fleksibilitasnya terbilang cukup tinggi. Pasalnya, setiap pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat berbagai jenis website. Contohnya saja website yang berisi informasi, produk, dan masih banyak lagi lainnya.

Anda bahkan bisa membangun website yang nantinya dijadikan sebagai toko online untuk berjualan di internet. Tidak hanya itu saja, keberadaan WordPress ini sendiri juga bisa menjadi salah satu platform dengan sistem membership. Hal ini karena platformnya cukup ramah bagi para course creator.

Ramah untuk Berbagai Media

Tidak hanya beberapa alasan di atas, WordPress sendiri termasuk ramah terhadap berbagai jenis media. Dengan begitu, Anda bahkan dapat menampilkan berbagai jenis media sekaligus. Contohnya saja tulisan berpa artikel, konten foto, konten video dari channel Youtube, dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mencantumkan konten audio yang berasal dari channel Podcast. Tidak heran jika keberadaannya sangat ramah untuk berbagai media. Tentu akan sangat membantu bagi para content creator dalam mengoptimalkan website mereka.

Beberapa Cara Optimasi Website Menggunakan WordPress

Setelah memahami beberapa alasan di atas, tentu akan kurang lengkap rasanya apabila Anda belum mengetahui apa saja fungsi dari penggunaan WordPress. Oleh sebab itu, agar lebih jelas maka pastikan menyimaknya di bawah ini:

Membuat Toko Online

Apabila Anda mempunyai hobi berjualan online, maka jangan lewatkan untuk membuat website toko online menggunakan WordPress. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mengatur dan melakukan promosi ataupun branding di internet.
Hal ini tidak lain karena WordPress memang dapat dimanfaatkan untuk membuat toko online.

Tidak heran jika ini menjadi pilihan tepat apabila ingin menampilkan berbagai jenis produk dalam sebuah website. Platform ini juga akan menawarkan berbagai fitur lengkap.

Membuat Website Perusahaan

Anda juga bisa memanfaatkan WordPress untuk membuat website perusahaan agar lebih profesional dan dilirik banyak orang. CMS ini sendiri akan menyediakan berbagai fasilitas lengkap sesuai dengan jenis websitenya. Oleh sebab itu, jangan sampai ragu menggunakannya.

Anda juga akan mendapatkan banyak pilihan tema. Setiap tema tersebut bahkan dapat diatur dengan sangat mudah sehingga tampilan yang diperoleh dapat diubah meski hanya dengan satu kali klik saja. Tentu saja akan menghemat banyak waktu.

Membuat Blog

Tidak ada salahnya juga Anda memanfaatkan WordPress untuk membuat blog pada umumnya. Hal ini karena platform tersebut awalnya memang sebuah blog saja. Dengan begitu, sudah tidak perlu lagi meragukan soal fitur-fitur lengkapnya.
Terdapat fitur berupa halaman editor yang dapat memasukkan media visual serta teks.

Anda juga bisa menyisipkan konten dari sosial media lainnya contohnya seperti Youtube. Tentu saja akan lebih leluasa dan bebas dalam menentukan isi atau konten dari blog tersebut.

Membuat Website Forum

Fungsi lain yang bisa dimanfaatkan saat memakai WordPress adalah membangun website forum atau komunitas. Hal ini berarti, akan sangat mudah bagi Anda dalam menambahkan berbagai fitur khas dari website forum itu sendiri sesuai keinginan masing-masing.

Sebagai contoh, Anda bisa memperbolehkan pengunjung untuk membuat akun, mengomentari postingan dari pengunjung lainnya, menambahkan postingan, dan masih banyak lagi. Tentu saja masih ada banyak fitur lengkap lainnya yang bisa digunakan.

Penutup

Itu tadi beberapa alasan harus optimasi WordPress yang bisa Anda ketahui. Sekarang ini setiap orang bisa mulai mencoba memanfaatkannya secara gratis. Dengan begitu, pembuatan website maupun blog dapat dilakukan secara lebih maksima.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Tumblr

2 Responses

  1. Hei ada yang menggunakan WordPress untuk platform situs Anda?

    Saya baru di dunia blog tetapi saya mencoba untuk memulai dan mengatur
    milikku. Apakah Anda memerlukan pengetahuan pengkodean html untuk membuat blog Anda sendiri?

    Bantuan apa pun akan sangat dihargai!

    1. Halo, Kami banyak menggunakan WordPress hampir semua situs.
      Untuk itu kami merekomendasikan pemahaman kode html dasar saja karena pada WordPress hanya perlu drag and drop saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *